Pages

Selasa, 23 April 2013

Review Book : Kamu, Kenangan Tentang Luka dan Cinta by Adeliany Azfar

Kamu : Kenangan Tentang Luka dan Cinta by Adeliany Azfar

Judul buku : Kamu, Kenangan Tentang Luka dan Cinta 
Penulis :Adeliany Azfar
Penerbit : Bukune
Tebal :  396 halaman
Tahun : 2012
Harga : IDR 42.000

Rating : 2.5/5

Synopsis :
Kiran seorang Korea-Indo yang sedang menempuh pendidikan Seni di salah satu Universitas terkenal di Korea. Ia juga kerja part-time di salah satu salon terkenal Trendmark Beauty sebagai nail art-er.
 
Suatu hari, tanpa diduga, keluarganya yang sudah lama tinggal di Indonesia tiba-tiba datang ke Korea. Tanpa tahu tujuan kedatangan mereka, Kiran pun pergi dan menemukan kenyataan bahwa sang ayah, Tuan Kim, menjodohkannya dengan putra dari sahabat masa kecil ayahnya, Tuan Park.

 Tapi, aku tahu, cerita kita hanyalah kisah yang direka, tak akan mewujud nyata. Aku yang salah membiarkan diriku jatuh begitu mudah dalam pesonamu - Kiran

Tuan Park yang sedang sekarat ingin melihat anaknya (Park Jong Hyun) dan Kiran segera menikah. Berada di keadaan terjepit, Kiran dan Park Jong Hyun pun memutuskan untuk pura-pura menikah. Kiran diuntungkan karena ia bisa tinggal di Korea mengikuti 'suaminya' sedang Jong Hyun bisa memenuhi harapan ayahnya.

Tapi pernikahan yang pura-pura ini tak semulus yang mereka harapkan. Diantara mereka, ada Sherrin Wardoyo dan Min Yuu Jun. Min Yuu Jun adalah sahabat Kiran yang sudah lama menyukainya, sedangkan Sherrin adalah Bos Kiran sekaligus pacar Park Jong Hyun.

Lalu ada Junio, kakak Kiran yang tiba-tiba muncul di Seoul saat Kiran sudah memutuskan pindah dari rumah Jong Hyun karena perasaan yang mulai tumbuh di hatinya. Kiran terpaksa kembali dan membuat siuasi lebih rumit dengan terkuaknya kisah masa lalu yang tak pernah ia sadari.

Baca selengkapnya dalam Kamu

Review :


Kenapa aku memberikan rating yang lumayan rendah untuk buku ini? Sejujurnya, buku nggak jelek, kok. Cuma aku kurang mendapat feel saja saat membacanya. Mungkin karena ekspetasiku yang tinggi pada buku ini. 

Pertama kali lihat buku ini di gramedia, aku langsung suka karena sampulnya warna ungu *blink-blink*! Apalagi waktu buka bukunya, kita langsung disuguhi ilustrasi yang keren!

Aku langsung membacanya dan hanya butuh waktu dua hari untuk menyelesaikannya. Aku sedikit kecewa, karena rasanya konfliknya sangat datar.

Bahasanya mengalir, benar-benar apik seperti sebuah puisi. Pemilihan diksi juga menambah keindahan cara penulis bertutur kata. Tema yang diangkat cukup klise, perjodohan dua orang karena ayah mereka berteman. Sebenarnya cukup menarik, apalagi settingnya di Korea, sayangnya, menurut aku penulisnya kurang menggali novelnya lebih dalam.

Bagi aku part yang ada Kiran-Jong Hyun terasa sangat membosankan. Aku malah lebih suka bagian Yuu Jun, karena perasaannya tergambar dengan jelas. Dari awal novel ini Yuu Jun sukanya sama Kiran aja, nggak ada yang lain. Sedangkan Kiran, Jong Hyun, Sherrin, karakternya kurang kuat dan cenderung plin-plan.

Contohnya Jong Hyun, awal kisah ini kelihatan sekali dia mencintai dan tidak ingin melukai Sherrin, tapi justru akhirnya ia memilih Kiran karena sebenarnya ia tak mencintai Sherrin sama sekali (no spoiler) ..
lalu Sherrin yang mati-matian mempertahankan Jong Hyun, justru malah melepaskan Jong Hyun dengan mudah demi pendidikannya..

But, buku ini nggak jelek banget lho, cocok sebagai bacaan untuk mengisi waktu luang. Mau purchase karya Adel yang lain? Maybe.     
      

by.Vin♥

Tidak ada komentar:

Posting Komentar